Categories
Cerita Kopi

Cara Membuat Kopi Vietnam Ala Coffee Shop di Rumah

Pada umumnya kopi Vietnam atau cà phê sữa nóng disukai karena rasanya yang menarik. Strong tapi dapat berpadu dengan legitnya susu kental manis. Selain itu kopi ini juga pas untuk teman nongkrong.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, cara membuat kopi Vietnam cukup mudah. Hanya mengikuti 8 langkah, kopi favorit sudah bisa dinikmati.

Namun, Anda harus sabar saat menyeduh kopi Vietnam. Sebab waktu seduhnya kira-kira 4 hingga 5 menit. Di negara asalnya, Vietnam, masyarakat setempat menyukai proses penyeduhan kopi yang lambat. Menurut Sahra Nguyen, seorang pengusaha kafe di Vietnam, pengalaman menyeduh kopi yang lambat membuat kita memiliki waktu senggang untuk bersantai atau menikmati momen.

“Because it has a slow drip experience, it offers a moment of leisure. You get to sink in and hang out,” kata Nguyen saat diwawancari oleh Eater.com“You have one cup [at a time] — it’s always fresh. It really feels like I’m taking a moment for myself,” ungkapnya.

Cara Membuat Kopi Vietnam

Nah, bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut bahan dan alat yang perlu disiapkan:

Bahan:

  • 3 sendok makan bubuk kopi robusta (Dark roast dan digiling medium). Jika ingin rasa yang otentik, gunakan bubuk kopi robusta dari Vietnam yang bisa Anda beli di toko online.
  • 1-2 sendok makan susu kental manis.
  • 235 ml air panas dengan suhu tidak mendekati titik didih.

Alat:

  • Vietnamese dripper atau phin 6 ons (Ukuran phin bisa disesuaikan sesuai kebutuhan minum kopi Anda).
  • Cangkir bening (Jika Anda ingin melihat proses penyeduhannnya).

Cara seduh:

  1. Tuang 3 sendok bubuk kopi secara merata dalam filter.
  2. Tuang 1 atau 2 sendok makan susu kental manis dalam cangkir kopi sesuai selera.
  3. Letakkan filter yang telah diisi kopi di atas cangkir.
  4. Tuang dua sendok makan air panas ke dalam saringan dan tunggu selama 30 detik untuk blooming kopi. Blooming adalah bagian dari proses pelepasan karbon dioksida saat kopi bertemu air panas. Proses ini diyakini dapat membuang rasa tidak enak pada kopi.
  5. Letakkan pemberat di atas kopi untuk press kopi. Ini membantu memperlambat laju tetesan kopi setelah Anda menuang semua air panas.
  6. Tuang sisa air panas ke dalam filter secara perlahan-lahan.
  7. Tunggu hingga kopi mulai menetes ke gelas. Menyeduh dengan phin biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 menit. Gunakan cangkir bening supaya Anda bisa mengawasi proses penyeduhan. Bila tetesannya terlalu cepat, Anda memutar pemberat searah jarum jam sambil sedikit ditekan. Namun bila tetesannya terlalu lambat, ini bisa karena gilingan kopi Anda terlalu halus atau pengaturan press yang terlalu kencang.
  8. Setelah seluruh kopi menetes, Anda bisa mengangkat phin dari cangkir. Lalu aduk kopi dan susu hingga rata.

Kopi panas Vietnam yang baru diseduh memiliki sedikit aroma hazelnut. Saat disesap, rasanya sangat menarik, cukup strong karena berpadu dengan manisnya susu. Kopi ini cocok bagi penikmat kopi yang menginginkan kopi tinggi kafein tapi tidak begitu menyukai rasa biji kopi yang strong.

Jika Anda ingin menyajikannya menjadi es kopi Vietnam atau cà phê sua dá, cukup tuang kopi yang telah diseduh tadi pada gelas penuh es. Lalu kopi yang menyegarkan sudah siap untuk diseruput. Sangat mudah bukan untuk menyeduhnya?

Cara membuat kopi Vietnam
Es kopi Vietnam (Pixabay/Vinden)

Daripada harus pergi ke coffee shop untuk menikmati kopi Vietnam favorit, sekarang Anda sudah bisa menyeduhnya sendiri di rumah. Alat seduh metal dripper atau phin bisa Anda beli dengan mudah di toko online. Selamat mencoba ya!

By Lastboy Tahara S

Suka ngopi menjelang sore.

2 replies on “Cara Membuat Kopi Vietnam Ala Coffee Shop di Rumah”

Saya ga suka kopi, tapi baca pembuatan kopi ini menarik, banyak yang harus diperhatikan, jika tidak maka hasil akhir dapat berubah jauh dari harapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *