Categories
Cerita Kopi

ICO Luncurkan Program “Coffee’s Next Generation” di Hari Kopi Internasional

Kopi telah lama dinikmati oleh manusia selama berabad-abad. Rasa pahitnya yang khas dan tinggi kafein, membuat minuman ini dicintai banyak orang di seluruh dunia. Berdasarkan laporan Organisasi Kopi Internasional (ICO), konsumsi kopi dunia pada periode 2019/2020 tumbuh 2,1% menjadi 168,492 juta karung (satu karung setara 60 kilogram).

Sayangnya, peningkatan konsumsi kopi dunia tersebut tidak berpengaruh besar terhadap kesejahteraan petani kopi. Menurut ICO, meski permintaan terhadap kopi selalu tinggi, harga yang dibayarkan untuk petani kopi masih rendah. Jika ini terus terjadi, para petani akan kesulitan membiayai kebutuhan mereka sendiri dan keluarga.

Sementara itu, pandemi Covid-19 yang membuat segalanya menjadi tak pasti, semakin menambah beban mereka. Tak hanya menciptakan krisis kesehatan global, pandemi Covid-19 memukul perekonomian dunia ke tingkat ekstrim. Menurut ICO, pandemi menciptakan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di sektor kopi, yang berdampak negatif pada penawaran dan permintaan secara paralel untuk pertama kalinya.

Biji Kopi
Selamat Hari Kopi Internasional! (Foto: Pexels/Livier Garcia)

Krisis harga kopi yang diperparah dengan pandemi, menimbulkan ancaman serius bagi petani kopi. Selain itu, anak muda yang mengelola bisnis keluarga di bidang kopi, kini beralih ke pekerjaan lain yang lebih menguntungkan. Banyak pekerjaan di sektor kopi yang sering dipegang oleh mereka sekarang menghilang.

Fenomena ini membuat masa depan kopi semakin mengkhawatirkan. Pasalnya, anak muda turut berkontribusi dalam industri kopi yang berkelanjutan. Demi membangun sektor kopi yang lebih baik, ICO meluncurkan ‘Coffee’s Next Generation’ sebagai fokus untuk Hari Kopi Internasional 2020 (1 Oktober). Program ini bertujuan mendukung generasi muda dan wirausahawan di sektor kopi.

“Berinvestasi pada kaum muda akan menghasilkan solusi inovatif dan berkelanjutan untuk sektor kopi, berkontribusi untuk membangun kembali sektor kopi yang lebih baik, lebih adil dan sejahtera, memungkinkan pemulihan dari krisis covid-19 dan membangun masa depan yang lebih kuat, serta berdampak positif pada komunitas kopi di seluruh dunia,” tulis ICO dalam memperingati Hari Kopi Internasional.

Program ‘Coffee’s Next Generation’ juga dimaksudkan untuk melibatkan anggota ICO dan pemangku kepentingan di sektor kopi untuk berinvestasi pada generasi muda dan menghidupkan ide-ide inovatif mereka. Ada banyak cara untuk terlibat dalam program ini mulai dari donasi, dukungan pendidikan dan keterampilan, akses networking dengan para ahli, dan membagikan kampanye ini di media sosial. Informasi lebih lengkap mengenai program ini dapat dilihat di laman internationalcoffeeday.org.

Mari, merayakan kopi dan berkontribusi dalam membangun Coffee’s Next Generation. Selamat Hari Kopi Internasional!

By Ranselatte

Jalan-jalan kita ngopi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *