Kopi yang kita nikmati tiap hari, ternyata juga punya hari jadi. Yup, pada 1 Oktober lalu telah diperingati sebagai International Coffee Day atau Hari Kopi Internasional.

Hari Kopi Internasional ini pertama kali diresmikan oleh International Coffee Organization (ICO) pada Maret 2014. Saat itu negara-negara Anggota ICO sepakat untuk menyelenggarakan Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober untuk menciptakan satu hari perayaan bagi pecinta kopi di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari laman ico.org, peringatan ini menjadi kesempatan bagi pecinta kopi untuk berbagi kecintaan mereka pada kopi. Selain itu momen ini juga dimanfaatkan untuk mendukung jutaan petani kopi.

Pada perayaan Hari Kopi Internasional tahun ini, ICO menyoroti kesejahteraan petani kopi yang masih memprihatinkan. Alih-alih permintaan terhadap kopi selalu tinggi, harga yang dibayarkan untuk petani kopi masih rendah.

Biji kopi yang sedang disangrai. (Pixabay/Andi_Graf)

Berdasarkan laporan ICO, harga yang diterima produsen saat ini masih lebih dari 30% di bawah rata-rata sepuluh tahun terakhir. Hal ini dikhawatirkan membuat para petani tidak sanggup lagi membiayai kebutuhan mereka sendiri dan keluarga.

Maka untuk menghadapi masalah itu, tahun ini mereka menjalankan komisi kolektif untuk membantu petani di seluruh dunia, supaya mendapatkan penghasilan yang adil. Ada pula bentuk dukungan lain berupa ajakan penandatanganan petisi #CoffeePledge di chage.org.

Tertarik untuk ikut merayakan Hari Kopi Internasional juga? Tak ada kata terlambat meski tanggal 1 Oktober telah terlewat. Sebab bagi pecinta kopi, setiap hari perlu dirayakan dengan secangkir kopi.

Jadi untuk saat ini, setidaknya kita sudah tahu mengapa Hari Kopi Internasional itu ada. Nah, hal seru apa saja yang bisa dilakukan untuk merayakannya?

Saya merekomendasikan Anda untuk mencoba jenis kopi baru yang belum pernah Anda coba. Bisa di kedai kopi atau menyeduh sendiri di rumah. Pengalaman baru akan menambah wawasan Anda tentang ragam dan rasa kopi.

Kemudian bila Anda ingin merayakannya sambil jalan-jalan, cobalah berkunjung ke kebun kopi. Menikmati pemandangan hamparan kebun kopi yang menyejukkan mata.

Saat di sana temuilah petani kopi dan membaur dengan mereka pada jam istirahat. Melalui obrolan sederhana, Anda bisa menambah pengetahuan tentang pertanian kopi.

Hari Kopi Internasional dan Penghasilan Petani Kopi
Di kebun kopi Anda bisa melihat buah kopi secara langsung. (Pexels/Daniel Reche)

Dari mereka kita bisa makin mengenal kopi yang kita minum setiap hari. Mulai dari proses penanaman kopi, panen, pengolahan, hingga siap untuk dijual.

Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi langsung kopi lokal di sana. Di sekitar kebun kopi biasanya ada kedai kopi kecil.

Cobalah mampir sejenak dan ikut ngopi bersama warga setempat. Siapa tahu Anda menemukan tradisi minum kopi yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Sambil ngobrol bersama warga, sesap kopi perlahan dan rasakan aroma khasnya. Dengan pengalaman tadi, pengetahuan Anda tentang kopi lokal akan semakin kaya.

Jangan lupa bagikan cerita ngopi Anda pada kerabat atau share di media sosial, supaya kopi lokal makin dikenal. Berawal dari tindakan kecil ini, semoga sekaligus bisa membantu perekonomian para petani kopi dan warga di sana.

Selamat Hari Kopi Internasional!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *