Categories
Cerita Kopi

Informasi Dasar Pour Over yang Wajib Diketahui

Pour over adalah metode penyeduhan kopi paling dasar dan telah digunakan oleh penikmat kopi di Eropa sejak 1900-an. Sekarang, metode ini semakin dikenal berkat gerakan speciality coffee dalam beberapa tahun terakhir. Tertarik menyeduh kopi dengan pour over? Berikut beberapa informasi dasar yang wajib Anda ketahui, yang saya sarikan dari berbagai sumber.

Hal pertama adalah kopi apa yang akan digunakan. Karena metode pour over cocok untuk menonjolkan rasa dan aroma, maka light roast adalah pilihan yang tepat. Biji kopi yang dipanggang dengan profil ini memiliki warna cerah dengan rasa paling asam.

Selanjutnya, grind size atau ukuran giling kopi. Umumnya, para ahli kopi merekomendasikan medium-fine grind, kira-kira seperti garam laut atau pasir. Namun, Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Jika agak encer atau asam, coba gilingan yang lebih halus. Jika rasanya pahit dan tidak ada notes manis, coba gunakan sedikit lebih kasar.

Bubuk Kopi
Medium-fine grind, ukuran gilingan kopi yang umum digunakan untuk pour over. (Foto: Unsplash/Tyler Nix)

Informasi lain yang tidak boleh terlewatkan dari pour over adalah rasio. Sejauh ini rasio 1:17 adalah titik awal yang diterima secara umum. Namun, Anda tetap perlu melakukan test untuk menemukan resep yang sempurna.

Sekarang, mari kita masuk dalam proses penyeduhan. Setelah peralatan dan bubuk kopi telah siap, tuang sedikit air seduhan (kira-kira sekitar 30gram) secara perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah itu tunggu 30 hingga 45 detik untuk blooming. Ini ditandai dengan munculnya semburan air atau gelembung.

Blooming Kopi
Blooming sebagai tahap awal saat menyeduh kopi. (Foto: Unsplash/Di Bella Coffee)

Blooming terjadi karena adanya pelepasan karbon dioksida pada kopi saat bertemu air panas. Light roast dan kopi yang masih segar akan memunculkan bloom lebih besar karena memiliki kandungan gas lebih banyak.

Setelah proses blooming, tuang kembali air seduhan secara perlahan dengan gerakan melingkar. Terkait teknik pouring atau menuang, setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk memunculkan cita rasa kopi yang diinginkan. Maka sebelum berkreasi lebih lanjut, Anda perlu mengetahui dua teknik dasar berikut ini, yakni Pulse Pouring dan Continous Pouring.

metode pour over
Barista menuang air seduhan di atas chemex (Foto: Unsplash/Karl Fredrickson)

Pulse pouring dapat mempermudah Anda menjaga konsistensi hasil seduhan kopi. Menukil dari laman perfectdailygrind.com, pulse pouring berarti menuangkan air beberapa kali dalam jumlah tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda bisa melakukan eksperimen atau variasi, seperti volume air yang digunakan dan jumlah tuangan. Teknik ini juga membantu untuk mencegah channeling dan naiknya ampas di sisi filter.

Kemudian teknik menuangkan air yang kedua dilakukan tanpa variasi. Continous pouring merupakan teknik menuangkan air secara terus-menerus dengan laju aliran yang konstan. Prosesnya hanya sekali, yaitu setelah blooming pertama, sisa air seduhan dituang hingga mencapai volume yang diinginkan.

Continous pouring yang dilakukan tanpa henti bertujuan menjaga aliran dan saturasi serata mungkin. Menukil dari manualcoffeebrewing.com, teknik ini umumnya digunakan untuk pour over yang alirannya tidak diatur oleh dripper, seperti V60 atau Chemex. Gunakan ketel air dengan gooseneck untuk mengatur aliran air seduhan Anda.   

Hal terakhir yang perlu diketahui adalah agitasi. Secara sederhana, agitasi adalah melakukan gerakan ringan pada bubuk kopi saat proses penyeduhan. Teknik ini bertujuan untuk menciptakan ekstraksi kopi yang optimal. Hasilnya, kopi akan memiliki karakter rasa yang lebih kuat.

Sekilas, menyeduh dengan pour over terlihat rumit karena perlu mengetahui beberapa aspek khusus. Namun, di situ lah letak kesenangannya. Di mana cita rasa kopi yang autentik tercipta dari hasil seduhan Anda sendiri.

Sudah siap untuk menciptakan kopi spesial Anda sendiri? Yuk, siapkan peralatan kopi Anda dan mulai menyeduh dengan pour over. Selamat ngopi!

Referensi: Perfectdailygrind, Manualcoffeebrewing

By Ranselatte

Jalan-jalan kita ngopi!

One reply on “Informasi Dasar Pour Over yang Wajib Diketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *