Di balik hiruk pikuk Jakarta, ternyata ada coffee shop adem yang dikelilingi pohon-pohon rimbun menjulang. Namanya Arborea Cafe, berada di tengah-tengah Arboretum Ir Lukito Daryadi Manggala Wanabakti.

Arborea Cafe sebenarnya sudah populer di media sosial sejak 2018 karena tempatnya yang Instagramable. Dengan menawarkan desain bangunan yang minimalis dan terbuat dari kayu, coffee shop ini terlihat menyatu dengan suasana pepohonan hijau di sekelilingnya.

Saat berkunjung ke Arborea Cafe, ada beberapa spot yang asyik dipakai nongkrong. Spot pertama ada di bagian teras coffee shop yang terbuat dari kayu.

Teras Arborea Cafe

Uniknya desain bangunan Arborea Cafe yang minimalis dan terbuat dari kayu. (Ranselatte.com/Lastboy Tahara S)

Di sini kita bisa lesehan dan minum kopi, sambil memandangi koleksi tanaman di area Arboretum. Kira-kira ada lebih dari 100 batang pohon berbagai jenis.

Dengan jumlah pohon yang lumayan banyak, tak heran bila suasananya seperti hutan di tengah kota. Pepohonan yang rimbun juga membuat udara di sekelilingnya terasa sejuk.

Area Arboretum yang dipenuhi pepohonan dan tanaman. (Ranselatte.com/Lastboy Tahara S)

Bila ingin melihat pepohonan dari atas, coba lah untuk naik ke lantai dua. Bagian dalamnya memang tidak begitu luas, tapi udara di dalamnya terasa begitu segar. Ini karena sebagian sisi ruangan tidak memiliki dinding.

Lantai dua Arborea Cafe yang bisa digunakan untuk melihat area Arboretum dari ketinggian. (Ranselatte.com/Lastboy Tahara S)

Dari sisi itu lah, kita dapat melihat pepohonan rindang dengan leluasa. Di ruangan lantai dua disediakan pula beberapa kursi dan sofa untuk bersantai.

Lalu yang menjadi spot andalan untuk selfie ada di lantai tiga atau bagian atap. Pada bagian ini terdapat pelataran terbuka yang hanya berlantaikan kayu.

Di sini kita bisa lesehan sambil menikmati udara segar yang berhembus dari ketinggian. Para pengunjung biasanya menggunakan tempat ini untuk selfie dengan latar belakang pepohonan rimbun.

Tak hanya bagian atap, kita juga bisa beraktivitas di samping bangunan untuk melihat pemandangan dari sudut yang berbeda. (Ranselatte.com/Lastboy Tahara S)

Namun karena konsepnya yang Instagramable ini lah, kita kadang menjadi lupa dengan sajian kopinya. Padahal Arborea Cafe juga menawarkan menu kopi single origin yang tak kalah enak dan beragam.

Beberapa di antaranya seperti Kopi Toraja, Lampung, Aceh Gayo, Mandailing, Bajawa, hingga Papua. Untuk kopi single origin harga yang ditawarkan sekitar Rp 18 ribu.

Bila tak suka kopi, ada pula menu minuman lain seperti teh, soft drinks, dan aneka jus buah. Sedangkan menu makanan untuk teman nongkrong juga beragam, mulai dari yang ringan seperti pisang goreng, singkong goreng, tape goreng, dimsum, dan aneka pastry.

Lalu untuk menu makanan berat, tersedia ragam mi goreng, nasi goreng, sop buntut, fish n chips, chicken wings dan yang lainnya. Harga menu makanan berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 110 ribu.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung, Arborea Cafe berada di dalam kompleks gedung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) di Jakarta. Meskipun berada di kawasan kantor Kementerian, coffee shop ini terbuka untuk umum. Buka setiap hari Senin hingga Jum’at, dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *