Beberapa hari yang lalu saya sempat nongkrong di Kedai Malacca yang terletak di Jalan Syahdan, Kemanggisan, Jakarta Barat. Dari luar kedai kopi ini tampak minimalis dengan beberapa bangku kayu di depannya.

Saat mulai masuk, area tempat duduk untuk pengunjung kedai kira-kira hanya seluas 4×4 meter per segi. Meski begitu, suasana di dalamnya cukup adem dan nyaman.

Di sana saya langsung disapa oleh seorang pria dan wanita yang berdiri tak jauh dari meja barista. “Selamat sore”, ucap mereka sambil merekahkan senyum.

Setelah memilih tempat duduk, wanita tadi lalu menghampiri saya dan memberikan sebuah buku menu. Dari daftar menu kopi yang disajikan, saya tertarik dengan menu kopi susu Toean.

Kedai Malacca
Meja barista kedai Malacca yang tampak minimalis. (Ranselatte.com/Lastboy Tahara S)

Kopi susu ini menggunakan gula aren sebagai tambahan pemanisnya. Kemudian untuk teman ngopi saya memesan toast atau roti panggang dengan topping pasta coklat hazelnut.

Sembari menunggu pesanan datang, saya memandangi interior kedai Malacca yang tampak unik. Dindingnya terbuat dari kayu yang dicat putih dan dihiasi aneka action figure, seperti The Simpsons, Hulk, Astro Boy, hingga robot Gundam.

Kemudian pada sisi dinding yang lain dihiasi dengan bingkai-bingkai lukisan iklan bergaya 90-an. Semuanya ditata dengan rapi dan tampak apik.

Asik memandangi karya seni di sekeliling dinding, tak terasa kopi susu Toean yang saya pesan sudah siap untuk dinikmati. Penyajiannya menarik, sekilas mirip latte karena menggunakan foam di atasnya.

Secangkir kopi susu Toean dengan foam di atasnya. (Ranselatte.com/Lastboy Tahara S)

Pertama disesap, rasanya enak cuy! Pahitnya kopi berpadu sempurna dengan rasa susu yang lembut. Kemudian campuran gula aren membuat kopi susu memiliki rasa manis yang khas.

Sedangkan untuk toast, satu porsinya cukup banyak ternyata. Disajikan 4 lembar roti kualitas premium dengan topping pasta coklat hazelnut yang tebal.

Ketika digigit, kulit rotinya masih terasa sedikit garing dan lembut di dalam. Pasta coklat hazelnut di dalamnya juga enak, dengan rasa manis dan gurih yang pas.

Satu porsi roti panggang dengan pasta coklat huzelnut. Tebalnya roti dan pasta yang melimpah

Sambil menyesap kopi susu enak sambil ditemani beberapa potong toast coklat hazelnut, sesekali pandangan saya tertuju pada pintu kaca. Melihat macetnya Jalan Syahdan yang sedang parah menjelang senja.

Saya merasa beruntung bisa menikmati sore sambil ngopi di Kedai Malacca. Belum lagi tempatnya yang minimalis dan nyaman, rasanya seperti berada di oase yang teduh. Bakal balik lagi nih kayaknya, hehehe.

Oh iya, Anda ingin nongkrong di sini juga? Kedai kopi Malacca beralamat di Jl. Kyai H. Syahdan No. 12A, Kemanggisan, Jakarta. Buka setiap hari dari Pukul 12.20 WIB hingga 24.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *